Sabtu, 02 Februari 2013

Beberapa istilah dalam Pertandingan

KO adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris Knockout adalah suatu kondisi kemenangan dalam beberapa olahraga beladiri full-contact seperti silat dll. Seorang pesilat dinyatakan kalah KO jika dia terjatuh akibat pukulan, dan tidak mampu bangkit atau merespon pertanyaan wasit sampai dengan hitungan ke-10.

TKO adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris Technical knockout, Seorang pesilat dinyatakan kalah TKO oleh wasit jika:

  • mengalami cedera atau pendarahan akibat pukulan atau tendangan lawan
  • atas rekomendasi dokter gelanggang yang melihat seorang pesilat secara medis sudah tidak layak tanding, agar pertandingan dihentikan (keputusan terakhir ada di tangan wasit)
  • wasit menganggap sang pesilat sudah tidak mampu meneruskan pertandingan karena kekuatan sudah tidak berimbang
  • pihak sang pesilat (pelatih) melemparkan handuk ke dalam gelanggang karena dianggap sudah tidak mampu meneruskan pertandingan
RSC adalah singkatan dari Referee Stops Contest, yang berarti wasit menghentikan suatu pertandingan sebelum pertandingan selesai karena salah satu pesilat cedera, pendarahan, terkena pukulan telak, pertandingan sudah dinilai tidak seimbang dan beberapa pertimbangan lain demi keselamatan pesilat

Walkover atau W.O. adalah memberikan kemenangan kepada salah satu kontestan karena tidak adanya kontestan lain (karena kontestan lainnya tidak hadir di tempat dsb. biasanya di panggil sampai 3 kali ), atau karena kontestan lainnya didiskualifikasi atau telah menyerah.

0 komentar:

Posting Komentar